Jumat, 20 Januari 2012

Tips mengatasi kulit kering

kulit kering
Kulit kering seringkali menjadi problema umum bagi setiap orang, terutama untuk kaum wanita. Ada banyak hal yang menyebabkan kulit kering, antara lain pendingin ruangan (AC), udara kering, musim penghujan atau udara dingin yang menyebabkan turunnya kelembaban udara, polusi udara, sinar matahari dan lain sebagainya.

Yang kita rasakan adalah kulit terasa kering, kasar, kadang-kadang gatal, pecah-pecah, perih, bahkan terlihat seperti bersisik. Seringkali yang kita lakukan justru menambah parah keringnya kulit, misalnya mandi dengan air panas, malas menggunakan body lotion dan sering membasahi bibir kering dengan lidah.

Tips untuk mengatasi kulit kering dan pecah-pecah:
1. Jangan menggaruk kulit yang kering
body cream
Menggaruk justru akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan lebih gatal. Selalu jaga agar kuku tetap pendek sehingga tidak melukai kulit jika menggaruk.
Rajin-rajinlah menggunakan body lotion, lebih bagus lagi menggunakan body cream yang kandungan minyaknya lebih tinggi.
Gunakan body cream dua kali sehari, yaitu setelah mandi pagi hari dan sebelum tidur malam, sehingga kelembaban kulit selalu terjaga.





2. Jangan membasahi bibir dengan air ludah
lip balm
Membasahi bibir yang kering dengan air ludah justru mengakibatkan bibir semakin bertambah kering.
Lebih baik gunakan pelembab bibir yang kaya akan nutrisi. Jika bibir terasa kering, segera oleskan pelembab bibir.









3. Mandi dengan tepat
Mandi dengan menggunakan air suam-suam kuku, jangan air panas, karena suhunya tidak jauh berbeda dengan suhu tubuh kita. Dan berendam adalah cara mandi yang lebih melindungi kelembaban kulit dibanding dengan pancuran (shower). 
Pilihlah sabun yang lembut dan mengandung pelembab. Lebih baik tidak menggunakan sabun yang mengandung deodorant terutama pada kulit yang bukan hanya kering, tapi juga merah-merah. 
Mengeringkan tubuh tidak perlu dengan menggosok menggunakan handuk, melainkan cukup dengan menekan-nekan kulit dengan handuk sehingga kelembaban yang tersisa di kulit dapat dioptimalkan.
Dan...satu saran lain mengenai mandi, yang mungkin akan membuat kita merasa aneh adalah mandi satu kali sehari sudah cukup untuk orang yang memiliki masalah kulit kering

4. Menjaga asupan nutrisi
Yang paling penting tentu saja menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh kita. Terutama air yang cukup (minimal 2 liter / 8 gelas sehari). Lemak dalam jumlah yang tepat. Vitamin juga penting bagi tubuh kita, terutama vitamin C dan E yang memiliki antioksidan untuk menangkal segala kerusakan yang terjadi pada sel tubuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

ingin tampil menarik? Copyright © 2009 Cosmetic Girl Designed by Ipietoon | In Collaboration with FIFA
Girl Illustration Copyrighted to Dapino Colada